7 Tips Ampuh Merawat Komputer dan Laptop Agar Awet

7 Tips Ampuh Merawat Komputer dan Laptop Agar Awet - Hai Sobat Semua. Selamat datang di blog kecilku ini. Pada kali ini saya akan share tips menjaga dan merawat laptop dan komputer agar laptop dan komputer awet dan tidak mudah rusak. Tulisan ini berdasarkan pengalamanku sebagai pengguna dan tukang servis laptop selama beberapa tahun.

1. JAGALAH SELALU KEBERSIHAN LAPTOP ANDA.


Apakah anda sering menggunakan laptop sambil makan atau minum?. Apakah anda jarang membersihkan laptop anda dari debu?. Jika iya mulailah berhati-hati dari sekarang. Karena hal ini dapat merusak laptop anda. Sisa jatuhan makanan dan debu dapat merusak komponen lapto anda dan tentunya membuat laptop anda tidak awet. Mulai sekarang berusahalah untuk tidak makan minum sambil menggunakan laptop. Dan lebih seringlah membersihkan laptop anda dari debu dengan mengelapnya minimal seminggu sekali. Dengan hal ini dapat membuat laptop anda lebih awet.

2. CHARGER LAPTOP ANDA SECUKUPNYA. LEPAS CHARGE APABILA TELAH PENUH.


Apakah anda sering mencharge laptop dan lupa melepasnya hingga seharian?. Hentikan kebiasaan ini mulai dari sekarang. Jika kebiasaan ini terus berlanjut dalam jangka panjang dapat merusak baterai laptop anda (membuat baterai cepat nge drop). Chargelah laptop anda secukupnya dan lepas charge ketika baterai sudah penuh.

3. UPDATE ANTIVIRUS YANG ANDA GUNAKAN SECARA BERKALA.


Apakah laptop dan komputer anda sering kena virus?. Apakah flash disk anda sering kena virus jika dicolokkan ke laptop atau komputer anda?. Mungkin salah satu penyebabnya adalah adalah anda tidak update anti virus secara rutin. Anti virus sangat penting dari melindungi sistem dalam komputer. Namun anti virus harus di update secara rutin untuk menjaga performanya tetap tinggi dan menambahkan list virus-virus baru. Tanpa diupdate anti virus seperti pedang yang tidak pernah diasah dan lama-lama kan tumpul. Jadi updatelah anti virus secara rutin. Banyak sekali anti virus yang dapat digunakan untuk mengamankan komputer anda dan update secara rutin diantaranya: Smadav, Kaspersky. Avast, Avira, Bitdefender, Norton, AVG, Eset Nod32 dan masih banyak lagi.

4. SIMPAN DATA ANDA SELAIN DILOCAL DISK C. KARNA BERESIKO KEHILANGAN DATA SAAT DI INSTALL ULANG.


Apakah anda sering menyimpan data di local disk C?. Bagi yang sering menyimpan data di local disk C mungkin ada yang mempunyai pengalaman kehilangan datanya waktu instal ulang?. Jika anda sering menyimpan data di local disk C saya sarankan untuk memindahkan data ke local disk D atau local disk E atau ke media back up   dan menghentikan kebiasaan tersebut. Hal ini karena jika sistem mengalami kerusakan atau error kemungkinan besar kehilangan data sangat besar. Walaupun masih ada peluang data dapat diselamatkan namun tidak semua teksini servise dapat melakukan hal tersebut. Dari pada terkena resiko kehilangan data lebih baik dicegah mulai dari sekarang. 

5. PAKAILAH PELINDUNG KEYBOARD UNTUK MELINDUNGI KEYBOARD DARI AIR. DEBU DAN KOTORAN SEHINGGA MEMPERPANJANG USIA KEYBOARD ANDA.


Keyboard anda baru saja diganti sudah rusak lagi?. Keyboard anda sering berdebu?. Ada beberapa faktor yang menyebabkan keyboard rusak. Antara lain penggunaan yang sembrono dan rusak karna penumpukan debu pada keyboard. Dengan menggunakan pelindung keyboard dapat  melindungi keyboard dari debu, kejatuhan makanan dan air. Penggunaan pelindung keyboard dijamin akan memperpanjang usia keyboard anda. Saya mempunyai laptop. Sejak beli langsung saya pasangi pelindung keyboard. Walaupun laptop saya gunakan setiap hari, sampai saat ini keyboard saya masih normal dan baik.

6. HAPUS FILE VIRUS YANG DIKARANTINA SECARA BERKALA AGAR TIDAK MENUMPUK DAN MENYEBAR.


Ada anti virus yang langsung menghapus file yang dicurigai sebagai virus namun ada pula anti virus yang mengkarantina file yang dicurigai sebagai virus. Salah satu contoh antivirus yang mengkarantina file yang dicurigai virus adalah Smadav. Smadav mengkarantina file yang dicurigai sebagai virus dan tidak akan terhapus sendiri kecuali di hapus oleh pengguna sendiri. File virus yang terus menumpuk hingga ribuan dapat melambatkan komputer dan ada kemungkinan terlepas. Saya sarankan untuk mengecek file karantina virus dan membersihkannya secara berkala.

7. SERVICE LAPTOP ANDA DI TEMPAT TERPERCAYA DAN BERGARANSI.


Jika laptop anda mengalami rusak / trouble saya sarankan untuk menserviskan ke tempat yang anda percayai atau resmi. Mungkin bisa ditempat sahabat, saudara, atau rekan anda. Hal ini untuk menghindari tempat servisan yang berlaku curang yang mencuri komponen-komponen laptop/komputer anda. Namun juga ada banyak sekali tempat servisan yang sangat menjaga kredibilitas dan kejujuran. Jadi berhati-hatilah dalam menserviskan laptop anda.

Demikian sharing dari saya. Semoga sedikit tips ini bisa bermanfaat untuk anda dan memperpanjang usia laptop/komputer anda. Sampai jumpa sobat. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »