3 Tips Sukses Bisnis Untuk Pemula

3 Tips Sukses Bisnis Untuk Pemula - Salam hebat luar biasa. Para sahabat dimanapun anda berada. Senang sekali kita dapat bertemu di kesempatan kali ini untuk sharing tips bisnis untuk pemula. Sering kali kita bertanya , apasih tips sukses  bisnis bagi pemula?. Apalagi saya tidak punya latar belakang bisnis, Background saya hanya seorang mahasiswa, apalagi saya hanya tamatan SMA, dan orang tua saya bukanlah seorang pengusaha. Lalu bagaimana saya bisa memulai usaha untuk orang yang tidak memiliki pengalaman seperti saya?

Sebenarnya berbisnis itu sama seperti saat kita melamar menjadi seorang karyawan. Kenapa anda memberanikan diri melamar suatu pekerjaan? Itu pasti karena anda punya modal. Anda pasti punya suatu hal yang dapat anda banggakan untuk dapat menjadi seorang karyawan. Mungkin dengan gelar kesajarnaan anda atau dengan indeks prestasi anda. Atau sesuatu yang layak anda tawarkan untuk membuat anda menjadi seorang karyawan.  Begitu pula dalam dunia bisnis.

Didalam dunia bisnis anda harus mempunyai suatu kelebihan. Apa yang mau anda jual ke khalayak masyarakat. Tetapi seperti yang kita ketahui namanya pebisnis diibaratkan seperti anda berlatih bela diri anda harus melalui tahapan-tahapan. Ada sabuk putih  sabuk kuning sabuk hijau sabuk biru sabuk merah dan sabuk hitam. Didalam dunia bisnis ketika anda memulai berbisnis anda tidak bisa semata-mata langsung menjadi seorang sabuk hitam. Semua ada tahapannya dimulai dari sabuk putih dahulu. Begitulah dalam dunia usaha atau bisnis.

Sebagai seorang pemula anda jangan malu dan jangan takut. Apapun background anda apapun latar belakang anda. Walaupun anda tidak memiliki latar belakang bisnis sekalipun.  Berikut adalah 3 Tips Praktis Sukses Bisnis untuk Pemula.

1. Anda Harus Punya Impian
Ini yang terpenting. Impian ini sangat menentukan kesuksesan anda dalam berbisnis. Karena didalam berbisnis anda tidak punya bos dan atasan. Jadi tidak ada yang namanya setiap hari anda harus ngantor, atau harus memililiki suatu jam kerja. Tapi jam kerja anda adalah impian anda. Impian anda adalah bos anda. Dari situlah anda belajar berbisnis. Jadi anda harus punya impian, kemana anda akan mengarahkan bisnis anda, anda mau punya penghasilan berapa, anda pengen target penjualan berapa. Anda pengen punya omset berapa. Anda pengen punya apa. Anda tuliskan semua impian anda tersebut. 

2. Anda Harus Berani Mengambil Keputusan
Kapan anda mau memulai berbisnis. Seringkali banyak pengusaha pemula, mereka mempunyai rencana. Tapi tidak pernah direalisasikan. Sama saja anda membuat sebuah planning. Tetapi anda tidak berani membuat suatu langkah awal. Sebagai seorang pengusaha anda harus memulai kapan actionmu. Kalau namanya pebisnis jangan takut rugi. Seperti pebisnis pemula sebagai seorang beladiri pemula kalau mau sukses kalau mau naik tingkat jangan takut kena pukul. Kalau takut pukul ya jangan latihan beladiri. Kalau takut rugi ya jangan berbisnis. Jadi mental itu sangat penting.

Kalau anda mau menjadi pebisnis yang sukses ditahap pemula nomor satu anda harus punya keberanian dan keputusan. 

3. Mentor atau Guru
Mentor sangat penting dalam dunia bisnis. Kalau anda belajar mengemudikan mobil saja anda pasti butuh sopir. Yang membimbing dan menuntun anda. Kalau mengemudi mobil saja butuh mentor apalagi bisnis. Bisnis liku-likunya banyak, kalau anda tidak mempunyai seorang mentor. Saya khawatir anda dalam berbisnis lebih banyak mengalami trial and error. Tidak masalah jika anda hanya mau dua point diatas ( impian dan keputusan/keberanian). Tapi kalau anda mempunyai point ketiga. Berbisnis jauh lebih cepat sukses dan luar biasa. Karena ibarat jalan sudah ada penunjuk jalan. Jadi anda tidak perlu menempuh jalan yang salah. 

Salam sukses luar biasa. Untuk anda selamat memulai berbisnis untuk seorang pemula.  

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »