Tips dan Trik Lengkap Mengerjakan Soal SBMPTN

Tips dan Trik Lengkap Mengerjakan Soal SBMPTN

Apa Kabar sobat pembelajar. Sudah siap menghadapi SBMPTN?. Saya sarankan mempersiapkan SBMPTN sedini mungkin. Artikel ini saya buat berdasarkan pengalaman pribadi. bagi yang belum tahu SBMPTN adalah ujian tertulis masuk perguruan tinggi negeri yang diadakan oleh pemerintah bersamaan seluruh Indonesia. Berikut adalah Tips dan Trik Lengkap Mengerjakan soal SBMPTN.

<<PERSIAPAN SEBELUM SBMPTN>>

1. Mempersiapkan Materi Belajar
langkah awal yang utama adalah mempersiapkan materi yang akan diujikan dalam SBMPTN. Materi ini bisa didapat dengan membeli Buku di toko buku, mencari dari internet, dan grub-grub belajar online untuk SBMPTN.

2. Membuat Target PTN
langkah persiapan kedua adalah membuat target universitas dan jurusan apa yang ingin dimasuki. bahkan jika perlu tulislah nama universitas, jurusan, kode jurusan, dan passing grade universitas yang ingin dimasuki kemudian tempelkan pada tembok kamar. agar selalu diingat dan menjadi penyemangat belajar. buatlah 3 pilihan jurusan dengan passing grade tertinggi pada pilihat pertama, dan passing grade terendah pada pilihan ketiga. misal : pilihan 1 passing grade 60%, pilihan 2 passing grade 50%, pilihan 3 passing grade 40%. hal ini untuk mengantisipasi jika kamu tidak lulus pada pilihan 1 kemungkinan masih lulus dipilihan 2.

3. Mempelajari Materi  SBMPTN.
Pelajari materi yang telah dipersiapkan untuk  SBMPTN. Tidak perlu mempelajari seluruh materi yang ada. cukup materi yang kamu sukai dan kuasai saja. Namun kamu benar-benar menguasai materi tersebut. hal ini lebih baik daripada mempelajari banyak materi namun tidak ada yang benar-benar dikuasai. buatlah rangkuman materi tiap mapel dalam kertas folio agar mempermudah kamu dalam belajar.

4. Membuat Target Pengerjaan Soal.
Misal passing grade jurusan yang ingin kamu masuki 50%. misal soal sbmptn  adalah 150, maka kita minimal harus mengerjakan 75 soal, bagilah 75 soal itu dalah setiap mapel sbmptn. misal matematika ipa = 5 soal, fisika = 5 soal, kimia = 5 soal, biologi = 10 soal, matematika dasar = 13 soal, bahasa inggris 13 soal, dan seterusnya hingga jumlahnya minimal 75 soal.

5. Pembanyak Uji Coba dan Latihan
Perbanyak latihan mengerjakan berbagai bentuk soal SBMPTN, baik dengan belajar sendiri atau belajar kelompok. namun alangkah baiknya dapat belajar kelompok karena saling dapat mengajari. Kemudian banyaklah uji coba secara mandiri yaitu dengan mengerjakan soal  SBMPTN dengan alokasi waktu sama seperti saat test nyata SBMPTN. selain itu jika memungkinkan sering-seringlah ikut try out yang diadakan oleh organisasi atau lembaga pembelajaran. dengan banyak mengikuti try out dapat meningkatkat mental dalam menghadapi  SBMPTN dan dapat mengukur sejauh mana persiapanmu dalam menghadapi  SBMPTN.

6. Berdoa dan Minta Doa Restu Orang Tua
Sering-seringlah berdoa sehabis ibadah atau di setiap waktu. selain itu sering-seringlah minta didoakan oleh orang tua agar diberi kemudahan dalam mengerjakan SBMPTN. Jangan pernah meremehkan kekuatan doa " KEKUATAN DOA DAPAT  MELAMPAUI RUANG DAN WAKTU".



<<SAAT TEST UJIAN SBMPTN>>

1. Persiapkan alat yang digunakan.
Hal ini sangat penting , persiapkan alat tulis, alas dan kartu ujian  SBMPTN. agar kamu tidak panik karna ada yang ketinggalan. cek kembali alat yang digunakan dalam  SBMPTN agar tidak ada yang terlewat. dan JANGAN LUPA SARAPAN. karna mengerjakan waktu  SBMPTN sangat menguras tenaga dan lama. pastikan perut dalam keadaan terisi walaupun hanya makan roti dan minum susu.

2. Berdoa Sebelum Mengerjakan Soal
Jangan Lupa berdoa ketika akan mengerjakan soal. percaya atau tidak doa dapat memberimu ketenangan lebih saat mengerjakan  SBMPTN.\

3. Manajemen Waktu
Waktu untuk mengerjakan  SBMPTN sangat terbatas. maka alokasikan waktu dengan sebaik baiknya agar dapat hasil maksimal. jangan terpaku pada soal-soal yang sulit. kerjakan soal-soal yang mudah dengan cepat dan teliti. kerjakan soal yang mudah sebanyak-banyaknya. dan jika waktunya masih sisa kerjakan kembali soal-soal yang dirasa sulit.

4. Gunakan Alat Tulis Berstandar
Pastikan alat tulis yang kamu gunakan sudah sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Belilah alat tulis yang telah terbukti memenuhi standar. agar hasil jawabanmu nanti dapat terbaca oleh komputer saat dikoreksi nanti. terutama pada isian identitas. kesalahan pada pengisian identitas dapat berakibat kegagalan dalam  SBMPTN.

5. Maksimalkan Mata Pelajaran Andalan
Maksimalkan nilai untuk mata pelajaran yang kamu sukai atau kamu anggap mudah. ini untuk menutupi kekurangan di mata pelajaran yang lainnya. namun jangan sampai lupa untuk mengalokasikan pada mata pelajaran lainnya.

6. Kerjakan Seluruh Mata Pelajaran
Kerjakan seluruh mata pelajaran yang ada walaupun hanya satu soal. tidak ada peraturan tentang wajib mengerjakan seluruh mata pelajaran tapi hal ini digunakan untuk mengatisipasi nilai sama. misal ada satu peserta yang nilainya seimbang denganmu. pada peserta tersebut ada mata pelajaran yang tidak dikerjakan sedangkan kamu mengerjakan seluruh mata pelajaran. maka kemungkinan besar kamu yang akan lulus karna kamu mengerjakan seluruh mata pelajaran sedangkat lawanmu tidak. sekalipun nilai kalian sama.

7. Jangan Asal Menjawab
Tinggalkan soal yang tidak bisa kamu kerjakan. jangan asal menjawab soal tersebut karna ada resiko jika jawabanmu salah akan mengurangi nilai benarmu. jangan berfokus pada jumlah soal yang kamu kerjakan, tapi fokus pada jumlah soal benar yang kamu kerjakan.

8. Berdoa dan Minta Didoakan Orang Tua
Tetap berdoa dan yakin bahwa kamu akan diterima di universitas impianmu. Mintalah didoakan orang tuamu juga. Tetap berdoa dengan yakin, karna Allah tidak akan mengabulkan doa yang hatinya lalai dan kosong.

Semoga Tips dan Trik Singkat ini dapat mengantarkan kamu ke universitas impianmu, tetap berusaha dan berdoa, jangan menyerah dan tetap semangat. Semoga kawan-kawan semua sukses di  SBMPTN tahun ini. terimakasih..

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »